oleh

Ragam Kegiatan Meriahkan HKN 55 di Dumai

Loading...

DUMAI(DUMAIPOSNEWS) –– Memperingati dan memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) setiap 12 November, Dinas Kesehatan Kota Dumai rutin menggelar berbagai kegiatan.

Di HUT HKN ke 55 tahun ini kegiatan dimulai senam bersama, penyerahan berbagai penghargaan, Sabtu (30/11), di halaman kantor walikota lama.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo SE beserta Isteri Dewi Tunjung Sari, keluarga besar Dinas Kesehatan beserta jajaran, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dirut RSUD, Organisasi Keprofesian kesehatan, Camat Dumai Selatan dan undangan lainnya.

Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo dalam sambutannya mengatakan dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua angka penguatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk mengefisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelyanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

” Saya atas nama pemerintah kota Dumai menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para insan kesehatanKota Dumai, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektoral serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam mempersembahkan generasi sehat indonesia unggul,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H Paisal SKM MARS mengatakan Adapun topik yang diangkat sebagai tema dari Hari Kesehatan Nasional 2019 adalah Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Tujuan dari peringatan HKN ke-55 adalah sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa dapat berperan serta dalam upaya kesehatan.

Kemenkes, kata Paisal juga menyoroti isu-isu yang harus diwaspada seperti stunting, jaminan kesehatan nasional (JKN), penyediaan pelayanan dan kesehatan, harga obat hingga alat kesehatan dalam negeri.

Untuk pembangunan kesehatan di Kota Dumai, melalui dana APBN akan dilakukan pembangunan Puskesmas Pariwisata di Kecamatan Medang Kampai dan pembangunan puskesmas di Kecamatan Sungai Sembilan.

”Untuk menciptakan Generasi Sehat Indonesia Unggul, Kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, makanya kami akan lebih memperhatikan keberadaan posyandu seperti dana oprasional untuk Posyandu,”kata Paisal.

Disela-sela kegiatan ini juga diserahkan sejumlah penghargaan insan berprestasi Dinas Kesehatan tingkat Provinsi Riau, Puskesmas Berprestasi kategori kawasan pedesaan tingkat Provinsi Riau yakni Puskesmas Sungai Sembilan, Peringkat III Instalasi Farmasi berprestasi tingkat Provinsi Riau, Penghargaan Kelurahan yang mendeklarasikan STOP BABS yakni Kelurahan STDI dan Sukajadi, Juara 1 Posyandu tingkat Provinsi kepada posyandu Panorama, juara II Kelurahan Ber PHBS Tingkat Provinsi kepada Kelurahan Bagan Keladi, Posyandu Teladan tingkat Kota Dumai yakni juara I Posyandu Mawar Bukit Timah, Posyandu Bakung Purnama dan Posyandu Angsana Dumai Barat serta lounching Pelayanan Kepesertaan Program JKN-KIS (PBI-APBD) kepada masyarakat Kurang mampu dan penampilan apoteker cilik SDN 003 Pangkalan Sesai.

Kegiatan HKN ke 55 ini dimeriahkan senam sehat, Pembagian Hadiah Doorprize hingga permainan estafet tepung dan pesan berantai untuk pegawai Dinkes dan jajaran.(rka)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Berita Terbaru