oleh

Kecamatan Medang Kampai Sosialisasi Karhutla

Loading...

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-– Dalam rangka mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Dumai, khususnya di Kecamatan Medang Kampai, Pemerintah Kecamatan Medang Kampai menggandeng instansi terkait menggelar Sosialisas Karhutla tahun 2019, Rabu (20/11).

Acara yang dilaksanakan di kantor Camat Medang Kampai tersebut turut dihadiri, Kepala BNPH, H Afril Lagan, Dinas Lingkungan Hidup, Danramil, Kanit Reskrim Polresta Dumai, Kapolsek, Puskesmas, lurah, Masyarakat Peduli Api (MPA), LPMK, Ketua RT dan undangan lainnya.

Camat Medang Kampai, Muhammad Zakir SIP MIP dalam sambutannya sekaligus membuka resmi kegiatan sosialisasi ini mengingatkan kepada masyarakat agar dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungannya dari potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

”Saya mengajak masyarakat untuk senantiasa bekerjasama untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Apabila kita tidak berhati-hati, maka kebakaran lahan tentu akan merugikan semua pihak,”sebutnya.

Pada kesempatan ini ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat peduli menjaga lingkungannya, agar tidak terjadi potensi yang dapat memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan lingkungan yang berakibat fatal dengan kesehatan masyarakat.

”Mari mulai sekarang kita peduli dengan hutan dan lahan. Selain itu, mari kita jaga agar terhindar dari kebakaran dan penebangan liar, karena hutan merupakan salah satu sumber dari kehidupan kita semua,”tukasnya.

Zakir mengatakan kegiatan sosialisasi ini memang harus dilakukan karena tidak bisa dipungkiri dari data yang ada, sepanjang tahun 2019 ini, khusus Kota Dumai, Kecamatan Medang Kampai merupakan daerah terluas yang mengalami Karhutla, ini bukan satu prestasi yang dibanggakan, padahal Kecamatan bersama instansi terkait tidak bosan-bosannya melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla kepada masyarakat.

Mulai dari sosialisasi langsung, memasang plang tetapi karhutla masih saja terjadi.Keseriusan penanganan Karhutla ini dibuktikan pemerintah Dumai, dimana nantinya SK MPA ini tidak lagi hanya ditanda tangani Lurah ataupun Camat tetapi ditanda tangani langsung oleh Kepala BNPB

”Makanya, disosialisasi ini kami datangkan narasumber langsung dari pihak yang berkompeten, peserta sebaiknya mengikuti kegiatan sosialisasi ini sampai selesai,”tegas Zakir.(rka)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Berita Terbaru