oleh

Dinas PPKB Gandeng Pertamina RU II Kembangkan UPPKS

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-– Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) terus memberikan kesempatan bagi setiap keluarga untuk meningkatkan pendapatan dan kualitas sumber daya manusia dengan mengembangkan kegiatan UPPKS. Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera atau disingkat UPPKS merupakan mitra meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Salah satu UPPKS yang saat ini menjadi perhatian adalah UPPKS Kelurahan Tanjung Palas.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PPKB melalui Sekretaris Hj Elywarti SKM kepada Dumai Pos. ”UPPKS diintegrasikan dengan program KB bertujuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga, karena tanpa kondisi ekonomi yang baik mustahil keluarga akan dapat meningkatkan kualitas kehidupannya. Untuk mengembangkan kegiatan ini, kita dari PPKB menjalin kerjasama dengan pihak Pertamina RU II Dumai semoga dapat memberikan perhatian dan bantuan sehingga kelompok usaha UPPKS Kelurahan Tanjung Palas dapat berkembang melalui CSR perusahaan,” ujarnya.

Elywarti menjelaskan pertemuan dengan pihak Pertamina RU II Dumai sudah dilakukan belum lama ini, selain dirinya turut hadir juga ada Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Messy Nesia AMdKeb juga Kasi Ayu Elisayanti, juga dari pihak Pertamina hadir Kevin Kurnia Gumilang dan tim, Lurah Tanjung Palas Anggi, Ketua LPMK Rifa’i, PKB Kelurahan Tanjung Palas Lisa Mayasari, ibu-ibu UPPKS dan warga sekitar.

”Alhamdulillah, pertemuan bersama Pertamina RU II sudah dalam tahap menyerap aspirasi apa saja yang menjadi kebutuhan UPPKS dalam usaha menghasilkan produk sesuai dengan kearifan lokal. Mudah-mudahan pihak Pertamina nantinya dapat menyalurkan bantuan kepada UPPKS Kampung KB Kelurahan Tanjung Palas,” harap Elywarti.

Lebih jauh, Elywarti menyebutkan kebutuhan yang diharapkan kelompok swadaya UPPKS Kampung KB Kelurahan Tanjung Palas antara lain alat mesin jahit, alat menenun, pelatihan, kompor masak dan kebutuhan lainnya yang diperlukan untuk berusaha menghasilkan produk sesuai dengan kearifan lokal.

Apalagi, lanjutnya, program pemerintah berupa UPPKS ini juga sejalan dengan FGD rencana roadmap program peningkatan kapasitas pelaku usaha ekonomi kreatif yang tengah serius digarap oleh Pertamina. Pada tahun 2019 ini, dimana Pertamina mempunyai berbagai rencana dan program kerja dalam tujuan peningkatan produktivitas dan pemasaran baik sosialisasi tentang produk, kelompok usaha ataupun perorangan serta bantuan alat produksi.

”Ya, kami menaruh harapan atas kunjungan pihak Pertamina RU II untuk menyalurkan CSR nya kepada kelompok UPPKS Kampung KB Kelurahan Tanjung Palas ini. Semoga dari pertemuan kemarin kita gelar akan ada tindak lanjutnya apalagi Kelurahan Tanjung Palas ini wilayah ring satu perusahaan yang memang bertetangga langsung dengan aktifitas operasional Pertamina RU II,” tukas Elywarti.(des)

Editor : Bambang Rio

Berita Terbaru