oleh

Wawako : Kewenangan Ombudsman Bisa Sama dengan KPK

Loading...

DUMAI ( DUMAIPOS NEWS.COM ) – Ombudsman perwakilan Provinsi Riau menggelar pekan layanan publik di Kota Dumai.
Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menilai kewenangan yang dimiliki Ombudsman bisa sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Hal ini diungkapkan disela sela membuka kegiatan pekan layanan publik Ombudsman Riau, Rabu (30/10) di Balai Sri Bunga tanjung.

Kalau KPK tugasnya memberantas praktek korupsi, sedangkan Ombudsman mengawasi pelayanan publik.
Sudah saatnya Aparatur Sipil Negara atau birokrasi publik menghindari ketidakjujuran, perilaku yang buruk, mengabaikan hukum, perlakuan yang tidak adil terhadap pegawai, Inefisiensi bruto yakni kecenderungan suatu instansi publik memboroskan keuangan negara.
Terkait dengan kedudukan, fungsi dan kewenangan ombudsman dalam rangka peningkatan pelayanan publik sebagai bentuk konsekuensi dan implikasi dari pelaksanaan tugas Ombudsman.
Seiring dengan tuntutan reformasi disegala bidang, dimana hak atas pelayanan yang berkualitas pada setiap diri warga negara sangatlah diutamakan, karena masyarakat terus menginginkan pelayanan yang baik dan benar dalam setiap pengaduan yang disampaikan.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat membawa nuansa perubahan yang sangat signifikan dalam penyelenggaraan negara khususnya pada kinerja pelayanan publik yang profesional, sehingga akan terwujudnya tata kelola pemerintahan dalam prinsip good governance Dilingkungan Pemerintah Kota Dumai.
Ahmad Fitri Kepala Ombudsman Perwakilan Riau menambahkan kegiatan ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia dan sengaja memilih Kota Dumai sebagai pekan pelayanan publik.
Alasan Ombudsman memilih Dumai, sebab selama ini Ombudsman telah melakukan penelitian dan melihat pelayanan publik Dumai sudah memasuki kepatuhan.
Mengapa Ombudsman bertugas mengawasi pelayanan publik? Kerja Ombudsman menerima. Laporan masyarakat tentang pelayanan publik dan juga melakukan pencegahan.
Melalui pertemuan ini masyarakat bisa menikmati pelayanan publik yang baik dan cepat. (wan)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru