oleh

UMK 2020 Kota Dumai Diprediksi Naik

Loading...

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-MESKIPUN pembahasan besaran Upah Minimum Kota (UMK) Kota Dumai untuk 2020 akan dimulai pertengahan Oktober ini, namun gambaran angkanya sudah bisa dihitung, bahkan diprediksi kembali naik.

Kepala Disnaker Dumai melalui Sekretaris Parulian mengatakan acuan pembahasan UMK tetap pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 yang penghitungan besarannya mengacu pada pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional.

“Acuannya tetap PP 78 itu. Persentase pertumbuhan ekonomi ditambah inflasi nasional kemudian dikalikan dengan besaran UMK tahun ini (2019). Sehingga akan didapat besaran kenaikan UMK 2020,” ujar Parulian

Jadi untuk hitung hitungan besaran UMK tentu menunggu besaran Inflasi, dan pihaknya baru akan membahas UMK setelah penetapan inflasi yang menjadi patokan kenaikan UMK.

“Inflasi merupakan patokan dan bukan berarti kenaikan UMK sama dengan kenaikan inflasi tapi tergantung kesepakatan bersama.Bisa jadi, kenaikan gaji sesuai dengan kenaikan inflasi. Maka bisa lebih tinggi, dan juga bisa lebih rendah tergantung kesepakatan bersama.”

Dan sebelum pembahasan UMK dimulai rencana Disnaker dan Dewan Pengupahan akan Kunker ke Tanjung Pinang untuk mengetahui bagaimana proses kenaikan UMK disana, sebab Tanjung Pinang memiliki kesamaan karakteristik dengan Dumai.

Mudah mudahan hasil kunker dapat kita aplikasikan dikota Dumai bagaimana mereka menjaga para investor dan mempertahankan investor.(men)

 

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Berita Terbaru