oleh

Tidak Mematuhi Peraturan Lalulintas, Bus PT RAPP Berhenti Sembarangan

Loading...

PELALAWAN (DUMAIPOS NEWS.COM ) – Masih minimnya fasilitas perlengkapan jalan di Ibukota kabupaten Pelalawan yakni kecamatan Pangkalan Kerinci salah satunya seperti fasilitas tempat pemberhentian bus (halte), membuat pihak perusahaan yakni PT RAPP yang beroperasi di Ibukota kabupaten Pelalawan ini sesuka hati memberhentikan bus untuk menjemput dan mengantar karyawannya. Padahal, seharusnya perusahaan wajib menyediakan tempat berhenti busnya yakni halte, dimana salah satu satu syarat dalam perlengkapan jalan. Dan jika bus perusahaan berhenti sesuka hati, hal ini tentunya sangat berpotenti menyebabkan terjadinya kemacetan dan paling fatalnya lagi bisa menimbulkankecelakaan.
Salah seorang tokoh masyarakat Pelalawan,Asep Sulaiman Ketika ditemui Dumai Pos, Rabu (5/8) mengatakan, bahwa sudah sangat lama bus perusahaan yang beroperasi di Ibukota kabupaten Pelalawan ini menyediakan jasa jemput karyawan menggunakan bus,” Tapi kenyatannya, selama ini bus milik perusahaan tersebut tidakmenyediakan halte dan berhenti sesuka hati menjemput karyawan ditepi jalan yang bukan pada tempatnya,” terang pria yang akrap disapa Akang.

Sulaiman juga mengatakan, bahwa tidak adanya keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan khususnya instansi terkait untuk menegur pihak perusahaan untuk menyediakan halte buat menjemput karyawannya.
” Padahal penyediaan halte ini sudah dituangkan ketentuan mengenai prasarana dan lalulintas jalan telah diatur dalam UU nomor 14 tahun 1992 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dan peraturan pemerintah Nomor 43 tahun 1999 tentang prasarana dan lalu lintas,” ujarnya.

Sulaiman menambahkan, bahwa jika permasalahan ini tidak diatasi secepatnya, maka hal ini tentunya dapat menimbulkan kemacetan, sehingga mengganggu arus lalulintas jalan raya serta dapat menimbulkan kecelakaan. Apalagi saat ini tingkat kecelakaan semakin meningkat. Baginya dirinya, perusahaan wajib menyediakan halte buat para bus yang ingin berhenti untuk menjemput dan mengantar para pekerja. Untuk saat ini, halte yang ada di Kecamatan Pangkalan Kerinci khusisnya di Jalan Lintas Timur sudah sangat minim sekali
” Ya, saat ini kan halte di Ibukota kabupaten Pelalawan (Pangkalan Kerinci,red) cuma ada yakni di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci dan simpang kualu. Dan halte ini pun digunakan hanya untuk tempat jemputan bagi para orangtua para pelajar disekolah tersebut. Jadi, jangan sampai ada korban kecelakaan akibat kelalaian bus yang sesuka hati berhenti tidak pada tempatnya untuk menjemput penumpangnya (karyawan perusahaan,red). Untuk itu, atas nama masyarakat, saya berharap pemerintah bisa menegur pihak perusahaan PT RAPP untuk segera membangun halte pemberhentian buat karyawannya, agar tidak timbul tingkat kemacetan dan terjadinya potensi kecelakaan,”tutupnya. (Naz)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru