oleh

Sepanjang September, 4.631 Warga Terserang ISPA

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Kondisi cuaca buruk terparah yang melanda Kota Dumai akibat kabut asap yang terjadi dibulan September 2019, sedikitnya tercatat ada 4361 masyarakat yang diserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Hal itu sesuai dengan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Dumai dari seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang terdapat diseluruh Kecamatan di Kota Dumai.

“Rata-rata harian kasus ISPA ketika kondisi cuaca normal ada sekitar 135 kasus. Apabila kondisi memburuk mencapai 170 kasus,” ujar Kasi Pelayanan Kasi Kesehatan Primer Dinas Kesehatan, Dr Hafis belum lama ini.

Ia menjelaskan, dalam satu bulan itu peningkatan jumlah masyarakat terserang IPSA terjadi peningkatan ketika memasuki awal pekan. Sebab, masyarakat kembali melaksanakan aktivitasnya.

“Sebaliknya, memasuki akhir pekan jumlah kasus ISPA terjadi penurunan. Namun, kondisi cuaca kembali normal diakhir pekan September 2019 dan jumlah masyarakat terserangpun menurun cukup signifikan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini kondisi cuaca Kota Dumai sudah kembali normal, terlihat dari kasus masyarakat diserang IPSA yang menurun.(ras)

Editor : Bambang Rio

 

Berita Terbaru