oleh

Sampai September, Malaysia Sudah Pulangkan 1.529 WNI Lewat Dumai

Loading...

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2019, tercatat sebanyak 1529 Warga Negara Indonesia (WNI) bermasalah di Negara Malaysia dipulangkan ke Indonesia melalui Kota Dumai.

Seribuan WNI bermasalah yang dipulangkan ini sesuai data yang dihimpun Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI) Dumai Wilayah Kerja BP3TKI Pekanbaru.

Koordinator P4TKI Dumai, Wilayah Kerja BP3TKI Pekanbaru, Humisar Saktipan Viktor Siregar mengatakan, seribu lebih WNI bermasalah dipulangkan secara bertahap. Dimana hampir setiap bulannya ada WNI bermasalah yang dipulangkan pemerintah Malaysia lewat Dumai.

“Terhitung hingga 19 Oktober 2019, ada sekitar 1529 WNI bermasalah dipulangkan pihak Malaysia ke Indonesia melalui Pelabuhan Pelindo I Dumai,” ujar Viktor, Selasa (22/10) kemarin.

Dijelaskannya, untuk Januari ada 43 orang WNI bermasalah yang dipulangkan lewat Kota Dumai. Februari ada 44 orang, Maret 84 orang, April 239 orang, Mei ada 230 orang dan Juni 154 orang. Sementara dibulan Juli ada 229 orang, Agustud 182 orang, September ada 254 orang dan ada 70 WNI bermasalah di Malaysia dipulangkan.

“Untuk laki-laki berjumlah 1114 orang dan wanita ada 415 orang. Mereka semua dipulangkan ke Indonesia, setelah menjalani hukuman di negara tentang (Malaysia, red) terlebih dahulu, sesuai dengan pelanggaran yang mereka lakukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, mereka ini mayoritas bukan termasuk dalam kategori Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Melainkan, WNI bermasalah, WNI Overstay, bahkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah tanpa dokumen dan perusahaan resmi di Malaysia.

\”Kemungkinan, dalam waktu dekat ini akan ada WNI bermasalah kembali dipulangkan ke Indonesia lewat Kota Dumai,” tutupnya.(ras)

Editor : Bambang Rio

 

Comments

comments

Berita Terbaru