oleh

Pelalawan Diselimuti Kabut Tipis,Diduga Asap Kiriman Dari Kabupaten Dan Provinsi Tetangga

Loading...

PELALAWAN (DUMAIPOSNEWS.COM ) – Sempat satu bulan terakhir kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Pelalawan, kini pada Rabu (16/10) kemarin kabut asap tipis kembali timbul di daerah berjulukan Negeri Amanah ini. Kabut yang timbul ini diprediksikan (diduga,red) merupakan campuran antara uap air atau embun. Keberadaan tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan Hadi Penandio belum bisa memastikan jika kabut yang timbul merupakan asap atau embun pagi. Namun BPBD memprediksi asap yang datang diduga kiriman dari daerah lain yanh terbawa angin ke Pelalawan.

Pantauan Dumai Pos dilapangan, bahwa terlihat wilayah Kabupaten Pelalawan khususnya Kecamatan Pangkalan Kerinci mulai diselimuti kabut asap yang tipis.  Dengan kembali terjadinya kabut asap, membuat jarak pandang para pengendara sepeda motor roda dua dan roda empat harus berhati-hati. Dimana jarak pandang akibat kabut asap hari ini kurang lebih sekitar 2 kilometer. Kabut asap yang ada saat ini merupakan kiriman dari Kabupaten tetangga dan provinsi tetangga.
” Ya, saat ini kalau memang kabut asap tipis yang terjadi merupakan kiriman daerah tetangga kita masih banyak titik api. Menurut data yang kita dapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau, kalau yang masih terpantau banyak titik api dari Kabupaten tetangga ( Kabupaten Inhu dan Kabupaten Inhil). Bisa jadi asapnya terbawa angin yang mengarah ke daerah kita,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan Hadi Penandio kepada Dumai Pos, Rabu (16/10) hari ini.

Hadi juga menambahkan, bahwa selain dari dua Kabupaten tersebut, titik api yang terbanyak dari provinsi tetangga seperti Jambi dan Sumatera Selatan dimana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) belum teratasi sepenuhnya. Tentu asap yang ditimbulkan oleh Karhutla muncul dan terbawa angin. Untuk hari ini, terpantau tiga hotspot atau titik panas di Pelalawan yang tersebar di Kecamatan Kuala Kampar satu titik dan Kecamatan Langgam dua titik.
” Namun hotspit yang tingkat confidencenya diatas 70 persen hanya satu titik di Desa Sotol Kecamatan Langgam. Untuk titiknya masih digroud check oleh personil rayon kecamatan. Jika ditemukan titik api akan langsung dipadamkan. Peluang turunnya hujan hari ini juga masih berpotensi pada malam hari nanti hingga dini hari. Warga diminta untuk tetap waspada memasuki musim penghujan,”tutup mantan Kakan Satpol PP Kabupaten Pelalawan.(Naz)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru