oleh

Milad Dumai Pos ke 19, Siap Bertransformasi Menyongsong Revolusi Industri 4.0

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Selasa (1/10) Harian Pagi Dumai Pos genap berusia 19 tahun. Doa bersama mengiringi peringatan milad koran pertama dan terbesar di Riau bagian Pesisir ini agar senantiasa menjadi media yang tetap eksis menyajikan sumber referensi terpercaya untuk masyarakat Dumai dan sekitarnya.

Direktur Dumai Pos Group Muhammad Darwis SE, mengatakan Dumai Pos harus bisa bertransformasi menjawab perubahan fundamental menyongsong revolusi industri 4.0.

“Saat ini kita akan dihadapkan dengan revolusi industri 4.0. regenerasi industri akan berubah seiring pesatnya perkembangan teknologi internet. Tapi koran tidak akan mati, karena termasuk ke dalam bagian informasi dan teknologi yang masih sangat dibutuhkan masyarakat,” kata Darwis optimis.

Menurut Darwis kedatangan revolusi industri 4.0 akan berimbas pada berbagai sektor. Mass media harus mampu melakukan adaftasi agar tidak punah. Dia juga menyarankan Dumai Pos untuk bertransformasi tidak hanya menghandalkan koran konvensional berbahan baku kertas namun juga mulai membiasakan diri dan menggunakan canggihnya teknologi internet.

“Saya melihat bisnis media masih prosfek di era revolusi industri 4.0. Tidak ada teknologi mesin yang bisa menggantikan peran wartawan dalam mencari berita. Ini poin penting bahwa bisnis media akan tetap eksis pada revolusi industri 4.0,” papar Darwis.

Senada dengan itu, General Manager Dumai Pos Group Kambali, mengatakan kemerosotan media cetak terjadi di seluruh belahan dunia termasuk juga Indonesia. Dia menyarankan perlunya dilakukan sinergisitas mengkolaborasikan media cetak dan daring (online) agar mampu bertahan menghadapi tantangan di masa depan.

“Sejumlah media besar di luar negeri seperti Vietnam sudah melakukan itu, bahkan koran pemerintah disana mulai mensinergikan dengan media daring,” kata Kambali yang belum lama ini telah melakukan studi banding ke Vietnam.

“Kecepatan berita ada di online namun untuk akurasi dan kedalaman berita lebih fokus di media cetak,” kata dia lagi.

Selanjutnya Kambali juga mengapresiasi kekompakan dan kebersamaan seluruh divisi dan karyawan hingga Dumai Pos masih bertahan dan menapaki usianya yang ke 19 tahun ini.

“Kebersamaan ini membuat kita kuat hingga bisa bertahan sejauh ini, peringatan hari lahir ini mengingatkan kembali bahwa kita mempunyai kekuatan dan semangat, arena kepercayaan publik masih ada di koran kita,” imbuhnya.

Peringatan Milad Dumai Pos ke 19 dihadiri Direktur Dumapi Pos Group Darwis, General Manager Kambali, beserta seluruh manager dari berbagai devisi dan seluruh karyawan.

Peringatan Milad Dumai Pos dilanjutkan dengan makan bersama dan diisi dengan acara undian berhadiah doorprize.(men)

Editor : Bambang Rio

Berita Terbaru