oleh

HUT Mbah Imam, Jarkep Turonggo Wargo Budoyo Menghibur Masyarakat

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)– Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 34 Mbah Imam, seorang suhu sekaligus guru di paguyuban Jaranan Kepang (Jarkep) Turonggo Wargo Budoyo, Sabtu (12/10) menggelar acara pagelaran Jaranan di Kelurahan Jaya Mukti.

Acara yang dilaksanakan sejak siang hingga malam hari itu mampu menghibur masyarakat untuk ikut menyaksikan beragam tampilan. Sehingga acara yang berlangsung di Jalan Batu Bintang tersebut ramai ditonton masyarakat.

Hiburan jaranan kepang adalah pegelaran acara yang menarik. Sehingga penampilan acara tersebut mendapat antusias warga.”Jarang-jarang ya kita temui acara seperti ini. Makanya kami sekeluarga sengaja datang untuk menyaksikan acara ini,”kata Rustam yang ditemui di lokasi acara.

Suksesnya acara sejak sore hingga malam hari Mbah Imam sangat bersyukur, dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak panitia yang tergabung didalam paguyuban Jarkep Turonggo Wargo Budoyo ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah ikut mensukseskan acara ini. Sehingga acara ini benar-benar bisa menjadi tontonan seru bagi masyarakat yang datang, sekaligus acara ini juga untuk melestarikan kebudayaan jawa ditengah masyarakat umum,”katanya.

Hampir sebagian masyarakat mengenal kesenian yang disebut Jaran Kepang oleh masyarakat Jawa ini memang sudah terkenal. Namun, kebanyakan dari mereka yang mengetahuinya adalah karena sajian tarian yang ekstrim. Karena kata orang belum terasa esensi dari tarian ini jika belum ada atraksi kesurupan dari penari maupun penontonnya.

Maka pada pegelaran kemarin sejumlah penampilan seperti tarian lengger para wanita-wanita cantik, tarian kuda kepang dan atraksi kesurupan membuat kesenian budaya ini semakin menarik ditonton.

Paguyubang Jarkep Turonggo Wargo Budoyo, yang diketui oleh Mbah Katong mendapat sambutan positif ditengah masyarakat, sejumlah tamu dari beberapa paguyubang jarkep di Kota Dumai terlihat menghadiri acara tersebut sebagai bentuk penghargaan yang mendapat undangan. (rio)

Editor : Bambang Rio

Berita Terbaru