oleh

Dinkes Tangani 211 Kasus DBD Hingga September 2019

Loading...

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Datangnya musim hujan seperti sekarang ini tidak menutup kemungkinan memacu peningkatan jumlah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Oleh karena itu kepada warga masyarakat diminta rajin menjaga sanitasi lingkungan supaya tidak terjadi perkembangan jentik nyamuk.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Nurbaiti SKM.M.Si Kabid P2P mengatakan dalam musim penghujan ini perlu diwaspadai timbulnya penyakit DBD. Pasalnya pada musim penghujan jika sanitasi lingkungan tidak terjaga timbul genangan air bisa menjadi tempat tumbuhnya jentik nyamuk.

Oleh karena itu masyarakat diharapkan rajin menjaga kebersihan lingkungan jangan sampai ada genangan air supaya tidak memicu munculnya jentik nyamuk.Disarankan untuk rutin melakukan PSN dalam satu minggu sekali seperti menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Barang-barang bekas yang tidak bisa di manfaatkan untuk di timbun.

Ini penting dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari perkembang biakan Nyamuk DBD apalagi perubahan cuaca dari asap ke musim hujan.Saat ini sudah tercatat dari Januari – September ada 211 kasus DBD yang menyerang masyrakat baik itu anak anak maupun orang dewasa.Bisa jadi kasus DBD kembali meningkat pada Oktober ini, karena kondisi cuaca memasuki musim hujan.

Kata Nurbaiti , disamping menjaga kebersihan lingkungan diingatkan juga agar setiap penghuni rumah memeriksa jentik setiap Minggu, pakailah lotion Anti nyamuk, hindari kain yang bergantungan baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

“Kalau bukan kita sendiri yang menjaga lingkungan siapa lagi. Mengatasi DBD Fogging bukanlah solusi sebab Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa,” ungkapnya.(men)

Editor : Bambang Rio

Comments

comments

Berita Terbaru