13 Rumah Terbakar, Dua Orang Tewas

BAGANSIAPIAPI (DUMAIPOSNEWS)- Peristiwa kebakaran hebat kembali terjadi di Rokan Hilir. Dan kebakaran kali ini terjadi di Gang Sumatera RT 18 RW 05 kelurahan Bagan Barat kecamatan Bangko.

Selain menghanguskan sekitar 13 unit rumah, pada peristiwa yang terjadi pada Rabu (9/10) sekitar pukul 01.00 wib dini hari itu juga menelan korban jiwa sebanyak dua orang, yakni masing-masing Lie Ciu Guat (47) dan anaknya, Wiliam Wijaya (13).

Kongkowkuy

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum seperti yang disampaikan oleh Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH kepada Dumai Pos menyebutkan, bahwa dari 13 bangunan rumah tersebut diketahui dua diantaranya adalah tempat ibadah.

Diterangkan Kompol Sasli Rais, bahwa peristiwa tersebut bermula pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 sekira pukul 01.00 Wib telah terjadi kebakaran yang menyebabkan belasan bangunan rumah dan tempat ibadah suku Tionghoa yang terletak di Gang Sumatera Kelurahan Bagan Barat.

Berbekal informasi tersebut Kapolsek Bangko, Kanit Reskrim dan anggota piket langsung menuju ke TKP. Dan setibanya di TKP langsung dilakukan upaya pemadaman dengan melibatkan 2 Unit Mobil Damkar Pemkab Rohil, 1 Unit Mobil pemadam Tionghoa, Mesin mini stricker

Milik Polsek Bangko dan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya oleh warga sekitar. Menurut keterangan salah seorang saksi mata, yakni Thian Kang (57) yang memiliki rumah tepat di depan.lokasi kejadian mengatakan, bahwa dirinya pertama kali melihat sumber api berasal dari bagian belakang rumah Lengkian / Malidin.

Senada juga seperti keterangan dari Lim Tian In, dimana dirinya mengatakan bahwa pada saat kejadian dirinya sedang beristirahat didalam rumah dan mendengar teriakan dari warga sekitar dan spontan dirinya membuka jendela samping rumah dan melihat titik api sudah mulai membesar dari bagian belakang rumah Lengkian / Malidin.

” Dan pada saat personil Polsek Bangko sedang membantu proses pemadaman kebakaran rumah kemudian mendapat informasi dari sumber yang dapat dipercaya bahwa Lengkian / Malidin telah melarikan diri ke arah jalan Haji Jaya kemudian di hambat oleh warga sekitar,” kata Kompol Sasli Rais.

Dan mendapat informasi tersebut dengan sigap anggota Polsek menuju jalan Haji Jaya dan melihat Lengkian/Malidin sudah di kelilingi oleh warga sekitar.

Selanjutnya dilakukan interogasi awal terhadap Lengkian/Malidin. Dimana saat itu dirinya mengatakan, bahwa saat kejadian anak dan istrinya masih masih berada di dalam rumah sehingga kemungkinan besar mereka ikut terbakar dlm kebakaran rumah tersebut.

Mendengar adanya korban jiwa, Kapolsek Bangko langsung memerintahkan anggota yang terlibat pemadaman di TKP kebakaran rumah untuk dilakukan upanya pencarian tepatnya di lokasi rumah Lengkian / Malidin.

Dan tepat pada pukul 04.00 Wib pencarian diduga mayat manusia ditemukan oleh tim gabungan pemadaman, selanjutnya Kanit reskim polsek Bangko menghubungi pihak RSUD Dr.

Pratomo Bagansiapiapi didampingi Kapolsek Bangko, Camat Bangko, Kanit Reskrim Polsek Bangko beserta anggota dan Ketua RT utk dilakukannya evakuasi terhadap penemuan mayat tersebut.

” Dan hasil evakuasi dari pihak dokter dari RSUD Dr. Pratomo mengatakan bahwa mayat yang ditemukan adalah jenazah manusia dengan kondisi tubuh sudah tidak lengkap, selanjutnya jenazah dimasukkan kedalam kantong jenazah dan dibawa menggunakan mobil ambulance ke RSUD Dr. Pratomo selanjutnya akan diberangkatkan ke RS Bhayangkara Polda Riau di Pekanbaru untuk dilakukan otopsi terhadap jenazah yang telah ditemukan ” terang Sasli Rais kembali.(min)

SELENGKAPNYA BACA DUMAI POS, KAMIS (10/10)

 

Editor : Bambang Rio