oleh

Wartawan Dumai Dibekali Ilmu Bahasa Indonesia, 12 Wartawan Dumai Pos

Loading...

DUMAI (DUMAIPOSNEWS) – Sebanyak 50 wartawan dari berbagai media massa baik cetak, elektronik dan daring (online) mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan Balai Bahasa Riau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Persatuan Wartawan Indonesian ( PWI ) Dumai.

Dari puluhan peserta tersebut, 12 orang diantaranya wartawan Dumai Pos Grup yang ada di Kota Dumai.

Kegiatan dihadiri Kepala Balai Bahasa Riau Drs. Songgo Siruah,M.Pd, Ketua PWI Dumai, Kambali yang berlangsung selama satu hari di Media Center Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai Timur, Sabtu (28/09) kemaren.

Kepala Balai Bahasa Riau Drs. Songgo Siruah, M.Pd, mengatakan kegiatan seperti ini telah dilaksanakan di berbagai daerah, guna meningkatkan kompetensi insan pers dalam penggunaan kebahasaan, UU pasal 36 dan turunannya pasal 24 dan UU 29 tentang pembinaan bahasa baik dalam penulisan bahasa, naskah daerah dan surat-surat penting lainnya.

“Untuk memartabatkan Bahasa Indonesia dan sebagai bahasa nasional, lambang negara. Wajib menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia sangat penting karena kita sebagai warga negara dan merupakan nasionalisme, cinta bangsa.” Ungkap Songgo

Bahkan Bahasa Indonesia tertuang dalam sumpah pemuda namun tidak hanya mengucapkan namun juga memahami sebuah literasi, dan media massa adalah pilarnya demokrasi untuk itu komunikasi dalam penggunaan kebahasaan sangatlah penting.

Maka itu diharapkan kegiatan ini dapat diikuti hingga selesai oleh peserta untuk menambah wawasan dalam penulisan secara benar dalam Bahasa Indonesia.

Sementara Ketua PWI Dumai Kambali saat membuka proses penyuluhan Bahasa Indonesia menyambut baik kegiatan ini, dimana beberapa media massa maupun elektronik sangat membutuhkan proses ini sebab tanpa dibekali pelatihan jurnalistik maupun tata guna bahasa terkadang penggunaan bahasa yang digunakan untuk menarik minat pembaca namun banyak juga salah penggunaan bahasa yang berujung pidana.

Dan terlaksananya penyuluhan ini karena media massa dinilai sebagai ujung tombak pemasyarakatan bahasa. Insan media massa diminta dapat berkontribusi memasyarakatkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Alhamdullilah antusias para wartawan Dumai ikut dalam penyuluhan sangat luar biasa hingga akhir kegiatan.” ujar Kambali

Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan serta ilmu para wartawan Dumai dalam penulisan berita secara benar , sebab diakui selama ini kia semua masih belum ada yang sempurna dalam penulisan sehingga penting untuk terus menggali ilmu.

Semoga penyuluhan ini bisa kembali dilaksanakan oleh Balai Bahasa Indonesia Provinsi Riau untuk para wartawan diDumai.

Mengingat peran media massa dibidang pendidikan, alat kontrol, sumber informasi, transformasi informasi sangatlah penting, dengan penyuluhan ini maka akan semakin banyak insan pers yang dapat menyempurnakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menghadirkan berita dan informasi” tukasnya. (dev)

 

Editor : Bambang Rio

 

Comments

comments

Berita Terbaru