oleh

Sekolah Ambil Kebijakan, Sakinah: Tindak Tegas Pelaku Pembakar

BAGANBATU (DUMAIPOSNEWS) — Dikarenakan asap semakin tebal, dirinya juga memohon kepada para kepala sekolah khususnya yang ada diwilayah kecamatan Bagan Sinembah untuk segera mengambil kebijakan.

“Segera mengambil kebijakan untuk lebih awal memulangkan anak sekolah karena sudah dikoordinasi melalui Dinas Pendidikan Korwil Pendidikan,” kata Sakinah.

Disamping itu dirinya juga menghimbau kepada seluruh anak sekolah agar tidak berkeliaran. ” Anak-anak juga diingatkan jangan berkeliaran karena asap semakin pekat. Dan ini semua demi kesehatan dan keselamatan kita semua, ” himbau Sakinah.

Sakinah mengatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di beberapa daerah tersebut telah berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat. Dan untuk itu dirinya para pelaku pembakaran dapat ditindak tegas.

Kepada aparat penegak hukum harus melakukan penegakan hukum serta mengusut tuntas akar penyebab serta aktor di balik kebakaran hutan yang terjadi tanpa tebang pilih. Siapa pun pelakunya harus ditindak dengan seadil-adilnya sesuai dengan aturan yang ada,” ujar Sakinah.

Sakinah juga mengatakan pihak yang menjadi penyebab kebakaran harus bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Dia juga meminta pihak swasta yang memiliki lahan di lokasi karhutla supaya turut serta dalam mencarikan solusi.

“Kepada pihak terkait terutama perusahaan swasta yang memiliki lahan di lokasi karhutla harus bertanggung jawab untuk menanggulangi persoalan ini,” kata dia.

Kepada masyarakat, Sakinah mengimbau agar saling bahu-membahu dalam memadamkan karhutla. Selain itu, ia mengatakan pembakaran hutan adalah salah satu perusakan lingkungan.

“Kepada masyarakat mari bersama-sama membangun solidaritas sosial untuk menghadapi bencana ini. Kita harus berkomitmen untuk menyatukan pemahaman bahwa kebakaran hutan yang terjadi adalah bagian dari perusakan lingkungan dan tidak boleh terjadi lagi di Indonesia,” tutur Sakinah.

Lebih lanjut, Sakinah mengimbau warga masyarakat untuk menggelar salat istisqa dan memohon kepada Allah agar menurunkan hujan.

” Kita juga menginstruksikan kepada pengurus dan warga untuk melaksanakan salat istisqa memohon pertolongan kepada Allah untuk segera menurunkan hujan agar kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan segera berakhir,” kata Sakinah lagi. (min)

Editor : Bambang Rio

 

Berita Terbaru