oleh

Dinsos Pelalawan Beri Bantuan Sembako, 36 Unit Rumah Layak huni Sudah Dibangun Untuk Suku Akit

PELALAWAN (DUMAIPOS NEWS.COM ) – Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kabupaten Pelalawan terdiri dari suku akit, pada tahun 2019 kembali menjadi sasaran Dinas Sosial (Dinsos). Dimana Dinsos bersenergi bersama Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Provinsi Riau terus menunjukkan komitmen dalam mengangkat derajat dan kesejahteraan masyarakat suku terasing atau Komunitas Adat Terpencil (KAT) atau Suku Akit di Kecamatan Kuala Kampar. Bantuan yang diberikan berupa sembako, infrastruktur dan kesejahteraan.

” Ya, bentuk kepedulian meringan beban kehidupan kepada suku pedalaman yang terletak di Kecamatan Kuala Kampar, kita beri bantuan sembako, Selain itu juga, Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Riau pada tahun 2017 dan 2018 telah membangun 36 unit rumah pemukiman program pemberdayaan bagi keluarga KAT,”terang Kepal Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pelalawan Ir HT Mukhtaruddin MSi kepada Dumai Pos News, Selasa (24/9/2019) hari ini.

Tengku Mukhtaruddin juga mengatakan, bahwa pihaknya juga telah membangun sarana dan prasarana seperti fasilitas MCK, pengadaan air bersih dan lainnya. Tidak hanya itu, balai masyarakat juga sudah dibangun sesuai permintaan masyarakat untuk mengembangkan budaya dan adat istiadat serta kesenian warga setempat.
” Kita beberapa hari lalu melakukan kegiatan kunjungan kerja monitoring dan pembinaan terhadap KAT di Dusun Sungai Sekiat dan Sungai Raya Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar. Perlu diketahu bersama, kalau Suku Akit adalah suku terasing tertua di Pelalawan. Kehidupan suku Akit tersebut menggantungkan hidupnya hanya dengan melaut saja, kini mereka mulai menuju era sejahtera,”ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan Dewitha Suryaningsih SPi yang juga ikut mendampingi kunjungan tersebut menambahkan, bahwa di Desa Sei Upih di Kecamatan Kuala Kampar sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) dan Kemensos RI juga memberikan pendampingan kepada KAT yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten Pelalawan untuk mempercepat pemberdayaan KAT di suatu wilayah.

” Mereka sebagai pendamping yang ditugaskan oleh Mensos untuk mendampingi 50 Kepala Keluarga warga KAT di Desa Sungai Upih Kecamatan Kuala Kampar dalam memecahkan masalah, memperkuat dukungan, memberdayakan potensi dan sumber dalam pemenuhan kebutuhan hidup serta meningkatkan akses terhadap pelayanan sosial dasar,”tutupnya.(Naz)

Editor : Bambang Rio

 

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru