Bupati Bengkalis : Jadikan Laporan Masyarakat untuk Meningkatan Mutu Pelayanan Publik

BENGKALIS (DUMAIPOS NEWS.COM ) – Bupati Amril Mukminin diwakili Kadis Kominfotik, Johansyah Syari mengatakan, setiap Perangkat Daerah (PD) di Pemkab Bengkalis harus menjadikan setiap pengaduan atau laporan masyarakat sebagai cermin untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan.

 “Jadikan cemeti atau cambuk untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat”, harap Johan.

Kongkowkuy

Harapan itu disampaikan Johan ketika membuka sosialisasi layanan aspirasi dan pengaduan online masyarakat (LAPOR!) SP4N di lingkup  Pemkab Bengkalis, Senin (23/9). Sosialisasi yang diikuti pejabat penghubung dari masing-masing PD dan dihadiri Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau.

Masih menurut Johan, banyaknya pengaduan masyarakat kepada sebuah PD, tidak serta merta menunjukkan pelayanan publik di PD tersebut buruk atau tidak baik.

“Bisa jadi sudah baik. Tapi ekspektasi masyarakat ingin lebih baik lagi dan mereka melihat masih ada peluang untuk itu. Selagi bukan hoaks, jadikan setiap laporan masyarakat sebagai pedal gas untuk memacu percepatan peningkatan mutu pelayanan publik di masing-masing PD”, harapnya lagi.

Berdayakan Pejabat Penghubung

Kepada semua Kepala PD, Johan juga berharap agar benar-benar memberdayakan eksistensi pejabat penghubung di PD masing-masing agar mengelola, mendokumentasikan setiap informasi publik dari masyarakat dengan baik dan benar.

Sedangkan kepada setiap pejabat penghubung, mantan Kabag Humas ini berharap untuk senantiasa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan operator SP4N LAPOR! di Diskominfotik.

“Khususnya jika mendapat permintaan informasi publik, baik dari dari badan publik lainnya maupun perorangan. Agar tidak terjadi sengketa informasi publik, layani setiap permintaan tersebut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan”, pesan Johan.

Bertindak selaku narasumber kegiatan sosialisasi tersebut Ketua Ombusdman RI Perwakilan Riau yang diwakili Bambang Pratama, Kepala Asistenan Pemeriksa Laporan  Ombudsman RI Perwakilan Riau. (auf)

Editor : Bambang Rio