Pembukaan MTQ Dumai Timur, Wako : MTQ Untuk Menciptakan Generasi Alquran

DUMAI(DUMAIPOSNEWS)-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Dumai Timur yang berlangsung, Jumat (28/6) malam bertempat di Kelurahan Tanjung Palas berlangsung semarak.

Beragam penampilan diacara religi tersebut diantaranya festival pawai obor, penampilan hafiz cilik Humaira peraih juara 2 Tartil Quran ke|ompok anak-anak internasional, pada ajang The Fifth Holy Quran Tahbeer and Its Science Award di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kongkowkuy

Acara yang dibuka oleh Walikota Dumai H Zulkifli AS, dihadiri Camat Dumai Timur Irawan Sukma, Kepala Kemenag Dumai di wakili Kasi Bimas Islam Drs. H. Sudarmanto, para Lurah, dewan juri dan kafilah serta masyarakat.

Walikota Dumai, Zulkifli AS dalam sambutanya menyebutkan, penyelenggaraan MTQ yang dilaksanakan ini adalah untuk menciptakan generasi Alquran. Penampilan Humaira, yang sempat menyedot perhatian semua undangan termasuk Walikota Dumai, ini tentunya bisa menjadikan contoh bagi orang tua dan anak-anak semua.

“Dengan penampilan Humaira tadi, tentunya ini motivasi kepada orang tua dan anak untuk menciptakan generasi emas yang cinta dan mengamalkan Alquran, sebagaio landasan bagi umat muslim di atas bumi ini,”katanya.

Selain itu, orang nomor satu di Dumai ini, memberikan apresiasi kepada Kecamatan Dumai Timur sebagai kecamatan terakhir yang menyelenggarakan MTQ pada tingkat kecamatan, terselenggaranya acara ini tentu tidak terlepas dari kerja keras pihak Kelurahan sebagai panitia dan masyarakat yang begitu antusias untuk mensukseskanya acara ini.

Kata Wako, sebagai bangsa yang mayoritas Islam, sehingga pemerintah telah mengaggarkan dana untuk pelaksaan MTQ. Namun demikian, musyabaqoh bukan hanya dilakukan oleh pemerintah, akan tetapi bagaimana Alquran benar-benar bisa diterapkan dalam kehidupan.”Sebagai muslim, maka kita wajib untuk menjalankan hidup dengan dasar Alquran,”ujarnya

Untuk itu, Pemerintah Kota Dumai telah membuat program maghrib mengaji yang tujuanya untuk menciptakan generasi Alquran dengan menerapkan nilai agama yang benar-benar dijalankan.

Bahkan, kedepanya untuk MTQ ketingkat yang lebih tinggi seperti tingkat provinsi mendatang, diharapkan Dumai bisa memanfaatkan kafilah yang sudah terseleksi, sehingga yang nantinya tampil itu adalah kafilah-kafilah asli Dumai.

Sebelumnya, Camat Dumai Timur, Irawan Sukma melakukan pelantikan terhadap 0dewan hakim. Sebelum melakukan pelantikan, Camat Dumai menyampaikan bahwa, Kecamatan Dumai Timur adalah kafilah yang diperhitungkan di Kota Dumai, ini tentunya peran dari semua pihak.

“Untuk itu kita berharap Dumai Timur menjadi lumbung kafilah Dumai. Melalui acara ini tentunya dapat untuk menseleksi dan memilih qori dan qoriah yang menjadi utusan Kecamatan Dumai Timur ditingkat Kota Dumai mendatang,”ujar Irawan.

Dia juga berpesan kepada dewan hakim agar benar-benar melakukan penilaian, sehingga akan mendapat bibit-bibit yang dapat dihandalkan untuk membawa nama Kecamatan Dumai Timur pada MTQ tingkat Kota Dumai.

Sementara itu, dalam laporanya Ketua Panitia yang juga Lurah Tanjung Palas, Anggi Sukma Buana menyampaikan, peserta MTQ Kecamatan Dumai Timur berasal dari 5 kelurahan diantaranya, Buluh Kasap, Teluk Binjai, Jaya Mukti, Bukit Batrem dan Tanjung Palas serta utusan LPTQ.

“Untuk Cabang MTQ yang diperlombakan di tingkat kecamatan ini terdiri dari Tartil dan Tilawah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa. Adapun jumlah peserta sebanyak 40 orang dengan official 10 orang,”katanya. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari dan berakhir, Minggu (30/6) untuk penutupan dan pengumuman pemenang.

Editor : Bambang Rio