Wako Zulkifli AS Kesal, Minta Telkom Tata Ulang Kabel Fiber Semraut Dalam Drainase

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI – Dalam kegiatan pembersihan drainase sepanjang Jalan Sultan Syarif Kassim, Selasa(6/11) kemarin, tampak tumpukan sampah dan kabel fiber optik milik Telkomsel yang semrawut.

Kondisi ini membuat Walikota Dumai, H Zulkifli AS kesal dan meminta pihak terkait untuk menata kembali keberadaan kabel tersebut guna mengantisipasi banjir yang kerap melanda Kota Dumai.

Kongkowkuy

“Guna mengatasi banjir di Kota Dumai kita mengharapkan pihak Telkom untuk mengatur ulang kabel fiber mereka yang ada dibawah parit. Bagaimana pipa yang ada tidak lagi menghambat sampah seperti menempelkannya dipinggir drainase,” harap Zul As.

Selain itu Zulkifli AS juga menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama disekitaran drainase yang dapat memicu terjadi banjir.

Menurut orang nomor satu Kota Dumai ini, drainase yang ada sekarang ini sejak dibangun 4 tahun yang lalu belum ada pembersihan sehingga banyak terjadi penumpukan sampah, mengakibatkan air sulit mengalir.

Bahkan kata Wako, selain sampah masyarakat sampah tersebut juga merupakan bawaan air pasang dimana ketika surut sampahnya tidak terbawa dan menumpuk didalam drainase.

“Drainase yang ada di jalan Sultan Syarif Kasim, Jendral Sudirman, Diponegoro dan Hasanuddin merupakan drainase skunder, jadi ketika disini tersumbat maka tersumbatlah semua dan menjadi salah satu penyebab banjir,” terang Zul As.

Sementara itu Kepala Kantor Telkom Dumai Edi Sofyan mengakui keberadaan kabel fiber optik yang ditemukan adalah milik Telkom dan akan melakukan penataan agar lebih baik lagi.

“Sebelumnya pipa itu tidak didalam drainase namun karena ada pelebaran jalan maka kita letak dibibir drainase. Kita akan kembali berkoordinasi dengan dinas PU untuk hal ini karena kita tidak bisa kerja sendiri,” kata Edi.(ras)