Penggantian Panel Selesai, Listrik Bengkalis Kembali Normal

DUMAIPOSNEWS.COM, BENGKALIS – Manager Perusahaan Listrik Negara Unit Layanan Pelanggan (PLN ULP) Bengkalis, Hasdedy menegaskan bahwa seluruh penggantian panel yang terbakar pada hari, Rabu (7/11) malam lalu, tuntas dikerjakan tim teknis, Sabtu (10/11) pukul 18.00 WIB.

Terhubungnya seluruh panel baru ke dalam sistem distribusi pelanggan, daya suplai listrik dari tenaga pembangkit sudah mencapai 20 megawatt (MW) yang sebelumnya pada Jum’at (9/11) lalu, masih disuplai 17,5 MW.

Kongkowkuy

“Alhamdulillah semua panel yang terbakar sudah diganti dan dipasang oleh tim teknis dari Dumai, Pekanbaru serta Bengkalis, ini artinya kondisi kelistrikan sudah pulih seperti biasa,” kata Hasdedy, Sabtu (10/11) malam.

Dikatakan Hasdedy, untuk saat ini sudah ada daya mampu 20 MW dan tidak ada pemadaman kecuali adanya gangguan, “Kami dari pihak PLN Bengkalis menyampaikan permohonan maaf karena kondisi kelistrikan selama tiga hari belakangan ini tidak bisa sepenuhnya melayani kebutuhan kelistrikan di Pulau Bengkalis,” ungkapnya lagi.

Pihaknya juga sangat berterima kasih kepada semua masyarakat Bengkalis yang telah mau bersabar. Dan ucapan terima kasih juga kepada warga yang pada hari ini mengantarkan makanan serta minuman memberikan semangat kepada tim dalam upaya perbaikan.

“Ini penghargaan yang luar biasa dan terima kasih buat seluruh dukungan warga,” tandasnya.

Bekerja 24 Jam

Puluhan ribu pelanggan di Pulau Bengkalis sempat dibuat gusar akibat tiga panel penghubung ke jaringan pelanggan dari mesin pembangkit di PLTD Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis terbakar dan mengakibatkan kerusakan cukup parah, Rabu (7/11) sekitar pukul 20.30 WIB.

PLN bergerak cepat, selain mendatangkan peralatan sejumlah teknisi dari Dumai dan Pekanbaru juga bertungkus lumus melakukan perbaikan. Dan setelah melalui pemadaman belasan jam bahkan ada yang 24 jam, karena daya yang tersisa hanya sekitar 4 megawatt dari 20 Mw total keseluruhan, pada Jum’at (9/11), PLN Bengkalis kembali normal.

Sempat dikabarkan bakal memakan waktu lama atau hingga Minggu (11/11), namun hal itu tidak terjadi. patut diacungi jempol hal itu terjadi. Kerja tanpa henti (nonstop) sekitar 50 orang petugas yang dikerahkan membuahkan hasil, hingga Jum’at (9/11 sebelum pukul 17.00 WIB, diinformasikan daya listrik bisa masuk sistem jaringan pelanggan dari 4 MW menjadi 17,5 MW. Artinya, panel-panel yang rusak sudah selesai diperbaiki.

“Alhamdulillah sudah menyala semua, saat ini sudah bisa suplai daya listrik mencapai 17,5 MW,” ungkap Manajer Unit Layanan Pelanggan Bengkalis, Hasdedy kepada awak media, Jum’at (9/11) petang.

“Petugas yang melakukan perbaikan panel ini dari Dumai dan Pekanbaru. Mereka bertugas secara bergantian dengan sistem shift selama 24 jam,” sambung Hasdedy.

Menurut Hasdedy, sejumlah panel yang rusak akibat terbakar, pada Rabu malam sudah dilakukan pergantian dengan yang baru. Jum’at pagi hingga siang sudah berangsur daya bisa masuk sistem dan bisa dirasakan pelanggan.

“Dan hingga Jum’at petang bisa terpasang panel lagi, dan suplai daya sudah mencapai belasan MW itu,” katanya lagi. (auf)