Nanjak di Rigid Beton, Truk CPO Terguling dan Tumpahkan Minyak, Bahu Jalan Licin

DUMAIPOSNEWS.COM, BATHIN SOLAPAN – Diduga akibat hilang kendali saat menanjak, satu unit Mobil Truk pengangkut Crude Palm Oil (CPO) yang datang dari arah Duri-Dumai terguling di bahu Jalan Lintas Sumatera di KM 13 Kulim, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis yang masih dalam tahap pembangunan, Senin (26/11) malam.

Kejadian tersebut disinyalir akibat rigid beton yang curam dan tinggi untuk dilalui. Akibatnya, truk CPO tersebut terguling ke kiri dan menumpahkan minyak CPO ke parit dan bahu jalan.

Kongkowkuy

Pantauan Awak Media (27/11), Selasa pagi dilapangan. Truk CPO tersebut masih dalam proses evakuasi. Kendati demikian, warga berebut menampung tumpahan minyak CPO yang mengalir di sela-sela tanki mobil trruk tersebut.

“Kejadiannya malam tadi abis hujan, mobilnya mau nanjak ke rigid beton dan slip ke kiri hingga terbalik, ” jelas Ketua RW setempat, Timpal.

Pembangunan Proyek rigid beton yang diduga menjadi penyebab laka lantas tunggal tersebut ternyata sengaja diberhentikan menunggu sampai akhir tahun. Hal itu dijelaskan oleh Ketua RW, Timpal yang juga dipercaya sebagai Humas pengerjaan proyek miliaran tersebut.

Mirisnya, dirinya sendiri juga tidak mengetahui pasti nama perusahaan yang mengerjakan Proyek Skala Nasional itu.

“Ini sengaja diberhentikan sampai akhir tahun, kabarnya biar jalan gak macet. Nama PT nya saya pun gak tau, padahal mandor sering duduk sama saya. Tapi saya beneran gak tau, “kata dia.

Beberapa hari sebelumnya, laka lantas tunggal juga terjadi dilokasi yang sama. Hanya berjarak sekitar 50 meter, truk yang melintas dari arah Dumai-Duri mengalami naas yang serupa. Bahkan di lokasi, rambu-rambu dan plang serta petugas jaga dari pihak kontraktor sudah tidak tampak lagi.

Masyarakat berharap, hal ini menjadi perhatian serius bagi instansi terkait agar proses pengerjaan jalan skala nasional tersebut dapat dipantau dan tidak memakan korban-korban selanjunya. (dik)