Hadapi UN Tahun Depan, SMPN 3 Mandau Persiapkan Siswa

DUMAIPOSNEWS.CON, DURI – SMPN 3 Mandau saat ini tengah mempersiapkan siswanya untuk menghadapi UN (Ujian Nasional) tahun 2019 mendatang. Sebanyak 465 siswa kelas IX digembleng agar nanti dapat menjawab semua soal UN dengan baik. Salah satu caranya dengan memberikan tugas-tugas tambahan, mengerjakan soal di rumah.

“ Setelah rencana bimbingan belajar tambahan di sekolah batal dilaksanakan, kita mencari solusi lain. Di rumah pun siswa dapat mengerjakan soal kisi-kisi UN yang diberikan guru bidang studi. Ini dilakukan sekaligus menyiapkan mental siswa supaya tidak grogi, karena UN ini sama saja dengan ujian-ujian lainnya,’’ ujar Kepala SMPN 3 Mandau, Syahrul Amran M.Pd kepada Dumai Pos, Selasa (13/11).

Kongkowkuy

Syahrul tidak hanya kelulusan 100 persen, namun juga nilai maksmimal agar lulusan SMPN 3 Mandau dapat diterima di sekolah favorit atau yang diinginkan siswanya. “ Kalau ingi melanjutkan pendidikan di sekolah yang diinginkan nilai harus tinggi, jangan asal tamat saja. Oleh karena itu kita berpesan kepada siswa untuk rajin belajar, membahas kisi-kisi UN, waktu sudah semakin dekat. Orangtua diminta untuk memperhatikan pelajaran anak di rumah, tak ada masa bermain-main,’’ paparnya.

Terkait pelaksanaan TO (Try Out), pihak sekolah, lanjut Syahrul belum menentukan berapa kali. Tapi paling sedikit TO itu dilakukan 2 kali. “ Biasanya paling banyak enam kali TO. Tiga dari sekolah, ditambah kecamatan, kabupaten dan propinsi. Saat ini kita masih menunggu petunjuk dari dinas,’’ tukasnya. (usa)