Dilaunching Tahun Ini, Camat Mandau Sosialisasikan Program SIMANTAP

DUMAIPOSNEWS.COM, DURI – Camat Mandau Riki Rihardi S.STP M.Si saat ini sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan program baru yang diberinama SIMANTAP. SIMANTAP ini sendiri singkatan dari Sistim Informasi Managemen Terpadu Pelayanan/Perizinan. Dimana nantinya masyarakat akan mendapatkan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan secara online.

“ Kita memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan urusan masyarakat menggunakan aplikasi android, masyarakat cukup berurusan sampai di kantor kelurahan masing-masing tanpa perlu ke kantor camat. Urusan yang dilayani tentu yang berkaitan dengan administrasi kependudukan, surah pindah, perizinan dan surat-surat lainnya,’’ ujar Riki Rihardi kepada Dumai Pos, Kamis (15/11) kemarin.

Kongkowkuy

Secara teknis, dijelaskan camat, pihak kelurahan akan memverifikasi seluruh berkas dan surat-surat yang masuk, lalu secara online akan dikonfirmasikan ke pihak kecamatan. Setelah diperiksa dan disetujui pihak kecamatan, pihak kelurahan sudah bisa langsung mengeksekusinya. “ Jadi masyarakat tak perlu lagi repot-repot ke kantor camat berurusan, cukup sampai di kelurahan saja. Program ini akan sangat mengefisienkan waktu masyarakat,’’ paparnya.

Riki berupaya launching program SIMANTAP dapat dilakukan pada tahun ini. Dikarenakan waktu dua bulan yang tersisa, ia bersama jajarannya turun ke kelurahan menyampaikan sosialisasi dan manfaat program ini. Sehingga pada waktu penerapan nanti masyarakat sudah paham cara kerjanya. “ Itu sebabnya kita juga mengumpulkan perangkat kelurahan seperti ketua RT, RW, LPMK, Posyandu dan PKK, menyampaikan program ini agar diteruskan ke warga masing-masing,’’ imbuhnya.

Untuk tahap awal, mungkin belum semua kelurahan yang bisa menerapkan program SIMANTAP ini, karena belum semua kelurahan memiliki jaringan internet. “ Harapan kita nantinya seluruh kelurahan termasuk desa bisa menggunakan program SIMANTAP ini. Dalam membuka ruangan informasi, kritik dan saran, kita memiliki akun FB Kecamatan Mandau. Silahkan sampaikan informasi apapun terkait Mandau, Insya Allah kita akan pelajari dan lakukan tindakan yang diperlukan,’’ tutup Riki.(usa)