Diikuti 400 Peserta, Wako Apresiasi Diklat Keselamatan Pelayaran untuk Nelayan di Dumai

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI – Walikota Dumai Drs Zulkifli AS MSi membuka Pendidikan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Kapal Layar Motor dan Surat Keterangan Kecakapan-60 Mil yang ditaja Dirjen Perhubungan Laut bekerjasama dengan Persatuan Pengusaha Pelayaran Rakyat, Senin (19/11), di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung.

Dalam kata sambutan, Wako mengapresiasi kegiatan tersebut, sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan kompetensi setiap awak kapal dan nelayan dalam mewujudkan keselamatan pelayaran.
“Melalui diklat ini diharapkan nelayan dapat memahami prosedur keselamatan pelayaran dengan lebih baik lagi,” kata Zulkifli.
Menurut Zulkifli, Nelayan yang setiap harinya kerap bersama ombak dan laut sudah semestinya menguasai standar keselamatan pelayaran, agar memiliki kemampuan membaca situasi kondisi cuaca saat melaut, mengambil langkah antisipasi bahkan melakukan aksi penyelamatan
Wako juga berharap melalui kegiatan ini akan membentuk SDM kelautan yang cakap dan handal sehingga nelayan di Dumai menjadi tenaga yang profesional
Sementara itu, Ketua Panitia David Saro mengatakan, kegiatan diklat ini mengacu edaran Dirjen Perhubungan Laut dan bekerjasama dengan Kesyahbandaran, Poltek Pelayaran Sumatera Barat, Poltek Perikanan Dumai dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia.
Peserta sebanyak 400 orang merupakan nelayan dan awak kapal yang sehari hari menjalani aktivitas melaut, berasal dari berbagai daerah, Dumai, Bengkalis, Selatpanjang dan Rokan Hilir.
Kegiatan diklat ini gratis tanpa pungutan biaya, direncanakan selama empat hari dengan pemateri dari Poltek Pelayaran Sumbar, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Dumai dan tim dokter serta tenaga pengajar
“Setiap peserta akan menerima sertifikat sebagai dasar penerbitan buku pelaut, dan program ini merupakan kegiatan bantuan dari kemenhub untuk kemudahan awak kapal dan nelayan, dan tidak dipungut biaya” kata David. (men)