oleh

Demi Keselamatan, PT CPI Bersihkan Area Sekitar Jaringan Pipa Migas

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI – PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, akan melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa penyalur migas di Kecamatan Bukit Kapur, Dumai.

’’Berdasarkan hasil inspeksi terakhir dan kajian tim teknis internal, kami telah mengidentifikasi sejumlah titik yang memerlukan perawatan dan perbaikan  segera. Langkah proaktif ini terutama ditujukan untuk meminimalisasi risiko terhadap keselamatan masyarakat dan perlindungan lingkungan di sekitar jaringan pipa migas,’’ jelas Suparni selaku Manager Comprehensive Pipeline Maintenance (CPM) Support PT. CPI.

Kongkowkuy

Di lapangan, terdapat sejumlah pondok semi permanen yang berdiri tepat di atas pipa penyalur migas. Kondisi tersebut berisiko tinggi terhadap keselamatan para penghuni atau pengguna pondok tersebut. Pihak PT. CPI telah berkomunikasi dengan pemilik bangunan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk menertibkan pondok-pondok semi-permanen tersebut. Setelah di Dumai, pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa akan dilanjutkan ke titik-titik lain di sepanjang jalur pipa penyalur migas.

Kondisi saat ini, banyak bangunan dan perlintasan kendaraan tak resmi yang dibuat dengan cara menimbun pipa tanpa memperhatikan faktor keselamatan dan kondisi pipa terdekat.

’’Kalau pipa terus-menerus dilindas kendaraan, ini sangat berisiko bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,’’ jelas Suparni. Dalam beberapa kejadian, pipa migas terkoyak akibat dilindas atau ditabrak kendaraan berat.

Keberadaan dan kelancaran operasi migas memberikan kontribusi penerimaan keuangan daerah melalui Dana Bagi Hasil Migas. Sesuai peran masing-masing, sinergi PT. CPI, pemerintah daerah, dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan investasi hulu migas dan menjaga iklim usaha tetap positif. PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. 

Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi Chevron di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com .(rls/rio)

Tentang Penulis: Dumai Pos News

Gambar Gravatar
Dumaiposnews.com merupakan situs berita yang merangkum setiap kejadian dari berbagai sumber dan Kami hadir untuk ikut andil dalam penyebarluasan informasi terkini kepada masyarakat.

Berita Terbaru