Ditinggal Kadishub, Mahasiswa Bakar Ban

Dumaiposnews.com, DUMAI – Kedatangan mahasiswa Dumai ke Kantor Dinas Perhu­bungan di Jalan HR Soebrantas berujung ricuh. Mahasiswa kecewa dengan sikap Kadishub, Asnar yang ingkar janji meninggalkan mereka begitu saja saat didatangi dikantornya, Selasa (2/10).

Kepergian Asnar tanpa penjelasan itu membuat mahasiswa mera­dang. Mereka mengekspresikan kekecewaan dengan berorasi dan membakar ban bekas di halaman kantor Dishub Dumai.

Kongkowkuy

Khairul Fadillah, mengatakan mahasiswa kecewa dengan sikap Asnar yang pergi tanpa penjelasan. Padahal kedatangan mereka siang itu memenuhi janji yang dibuat bersama Kadishub pekan lalu.

Disebutkan, bahwa pada Kamis (27/9) lalu sejumlah mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) telah bertemu dengan Kadishub di Kantor Dinas Perhubungan.

Mahasiswa menyoroti belum efektifnya pengawa­san mobil tangki modifikasi kelebihan muatan yang melintasi Jalan Purnama yang telah menyebabkan kerusakan di jalan tersebut.

Mahasiswa mendesak Dishub untuk segera melakukan penertiban dan membentuk tim siaga.

Masih kata Khairul Fadillah, dari pertemuan disaksikan Intel Kodim dan Intel Polresta Dumai itu, Kadishub, Asnar juga berjanji untuk memfasilitasi mahasiswa menjumpai DPRD Dumai.

Pertemuan dengan legislator itu, guna membicarakan kelanjutan pembangunan Jalan Parit Kitang sebagai jalan utama kendaraan truk dari luar Dumai menuju Kawasan Industri Lubuk Gaung.

“Kadishub yang berjanji hari ini (Selasa, 2/10,red) akan memfasilitasi kami ke DPRD, makanya kami kemari, tapi kenapa malah ditinggal kabur seperti ini,” kata Khairul Fadillah kecewa.

Sementara itu, Ilham, mahasiswa lainnya, meminta Walikota Dumai agar mengevaluasi jajarannya. Dia menilai Kadishub Asnar telah melanggar nilai moral etic sebagai seorang pejabat publik.

“Dia lari depan mata kami sendiri, padahal mahasiwa datang memberi solusi, tapi kok diperlakukan seperti ini,” tambahnya lagi.

Pantauan dilapangan, aksi bakar ban bekas yang dilakukan mahasiswa direspon cepat oleh Satpol PP dan Pihak Kepolisian.

Petugas berhasil memadamkan kobaran api di wilayah perkantoran Pemko Dumai itu setelah menyemprotkan racun api. Tidak lama kemudian para Mahasiswa lalu membubarkan diri.

Kepala Dinas Perhubungan Dumai, Asnar sempat dijumpai wartawan Dumai Pos di lokasi hanya berlalu tanpa memberikan jawaban. Saat dihubungi ke nomor kontaknya 082387540xxx untuk konfirmasi ulang yang bersangkutan tidak mengangkat.(men)