32 Desa Gelar Pilkades Serentak, Kadis DPMD H Yuhelmi: Tahapan Pilkades Sudah Dilakukan

DUMAIPOSNEWS.COM, DUMAI – Sebanyak 32 desa di Kabupaten Bengkalis, Rabu (31/10) (hari ini,red) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang kedua dengan jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT) 58.613 orang, dengan 169 Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Adapun Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak yaitu, Kecamatan Bengkalis 7 desa, Bantan 4 desa, Bukit Batu 1 desa, Bandar Laksamana 2 desa, Siak Kecil 5 desa, Bathin Solapan 2 desa, Pinggir 1 desa, Talang Muandau 3 desa, Rupat 2 desa dan Rupat Utara 5 desa.

Kongkowkuy

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis, H Yuhelmi, saat rapat koordinasi pemilihan Kepala Desa serentak gelombang II se-Kabupaten Bengkalis, Selasa (29/10) di lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Rapat koordinasi dipimpin Sekretaris Daerah Kabupatem Bengkalis H Bustami HY, dihadiri Camat se-Kabupaten Bengkalis, serta dari Forkompinda yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Yuhelmi menyampaikan, pihaknya sudah melaksanakan berbagai tahapan, diantaranya, sosialisasi pembentukan panitian pilkades, pengumuman, pembukaan pendaftaran dan pembentukan KPPS, pembekalan, tes dan pemberian rekomendasi dari LAMR, pendaftaran bakal calon.

Kemudian penelitian kelengkapan, keabsahan dam klarifikasi administrasi bakal calon, seleksi tambahan lanjutan dengan ujian tertulis, penentuan nomor urut calon, sosialisasi peraturan pilkades kepada calon Kepala Desa dan panitian Pilkades, kampanye dan masa tenang.

“Pada rapat hari ini kami meminta kepada seluruh peserta rapat agar memberikan saran munpun masukan agar dapat dijadikan sebagai bahan kami, dalam rangka pemilihan pilkades serentah tahun ini berjalan dengan baik dan sukses,” ujar Bustami.

Dari laporan masing-masing Camat sampai saat ini kondisi masih kondusif, namun ada dua Kecamatan yaitu, Kecamatan Talang Muadau dan Bandar Laksamana ada beberapa titik TPS yang terkena banjir. (auf)