Gili Lawa Taman Nasional Komodo Terbakar, Pelaku Diduga Agent Travel

Dumaiposnews.com, MANGGARAI – Gili Lawa Taman Nasional Komodo terbakar. Si jago merah menghabuskan 10 hektare rumput di kawasan wisata Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Beruntung habitat satwa Komodo tak terganggu. Sebab, titik kebakaran hanya wilayah Gili Lawa Darat. Tempat ini bukan habitat komodo tapi lebih dominan padang savana.

Kongkowkuy

Kendati demikian, kebakaran tersebut berdampak bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah di daerah Gili Lawa.

Kebakaran hebat ini melanda pada Rabu malam, 2 Agustus 2018. Api baru padam pada Kamis, 3 Agustus setelah menghanguskan lahan seluas 10 hektare.

Informasi yang beredar menyebutkan, kebakaran di Gili Lawa terjadi akibat ulah salah satu oknum agent travel.

Tour leader atau pemandu wisata dari salah satu agen travel diduga menyalakan kembang api untuk mendapatkan foto-foto indah di kawasan tersebut. Tak disangka, kembang api jatuh ke padang rumput.

“Ini adalah pembelajaran buat semua: Trip operator-trip leader-turis lokal atau asing, Jangan hanya karena konten, foto bagus, kalian rela mengorbankan ‘mother nature’,” tulis akun asokaremadja.

“Be a responsible traveller, jangan biarin keegoisan kita mengorbankan keseimbangan alam,” tambahnya.

Hingga kini pihak Kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, pihak Taman Nasional Komodo sudah melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

Belum diketahui kerugian akibat kebakaran ini. Dari informasi yang diterima Jules, kebakaran dilaporkan melahap padang savana di Gili Lawa.

“Kepolisian akan segera melakukan penyelidikan guna mengetahui penyebab kebakaran,” ujar Jules.(one/pojoksatu)

Berikut video kebakaran di Gili Lawa Taman Nasional Komodo: