Sah! Jorge Lorenzo ke Honda, Danilo Petrucci ke Ducati

Dumaiposnews.com, Jorge Lorenzo resmi menjadi pengganti Dani Pedrosa di Repsol Honda mulai musim 2019. Tim pabrikan Jepang itu resmi mengikat Lorenzo dua musim.

So, mulai musim depan, dua nama besar di MotoGP yang menguasai gelar juara dunia dalam enam tahun terakhir, berada di bawah satu payung. “Mulai 2019, Lorenzo akan menjadi rekan setim juara MotoGP empat kali, Marc Marquez,” tulis Repsol Honda dalam statement resmi mereka kemarin dilansir Motorsport.

Kongkowkuy

“Dua orang juara dengan talenta luar biasa akan ada di tim ini. Harapan besar datang untuk membuat tim ini lebih kuat dan membuat HRC (Honda Racing Corporation) makin berkembang,” tambah mereka.

Namun demikian, memiliki dua pembalap yang sama-sama punya nama besar bukan perkara mudah. Sudah banyak kasus perseteruan sengit dua pembalap yang bernaung di satu tim. Salah satunya yang belum lama terjadi adalah hubungan panas-dingin Valentino Rossi dan Lorenzo saat masih sama-sama membela Movistar Yamaha.

Untungnya Lorenzo dan Marquez ini berasal dari rumpun yang sama yakni Spanyol. Kedekatan sesama pembalap negeri Matador diharap mampu membuat keduanya lebih bisa saling memahami satu sama lain jika saja nanti muncul konflik.

Apalagi, dari awal Marquez sudah berjanji tidak pilih-pilih untuk urusan rekan setim. Pembalap 25 tahun itu mengaku tidak takut jika suatu saat nanti tak lagi menjadi pembalap prioritas utama Honda.

Bahkan, dalam satu kesempatan dia pernah menyatakan menginginkan seorang rekan setim yang paling kuat di MotoGP.

Kehadiran Lorenzo ke Honda membuatnya memiliki peluang menjadi pembalap pertama yang sanggup menjadi pemenang balapan dengan menunggangi tiga motor berbeda di MotoGP. Saat membela Yamaha (2008-2016) Lorenzo tercatat 44 kali menjuarai balapan. Bersama Ducati dua musim terakhir Lorenzo baru sekali naik podium tertinggi yakni di Mugello minggu lalu (3/6).

Sementara itu, Ducati juga langsung mendapatkan sosok pengganti Lorenzo. Kemarin tim pabrikan asal Italia itu mengumumkan pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci akan mengisi slot yang ditinggalkan Lorenzo mulai musim depan.

Pembalap 27 tahun tersebut mengikat kontrak satu tahun dengan Ducati. Bagi Petrucci ini adalah mimpi yang menjadi nyata. “Suatu penghormatan mampu menjadi bagian tim Ducati. Terutama untuk saya yang mengawali karir di tim ini sebagai tert rider,” ucap Petrucci dilansir Motorsport.

Di GP Prancis (20/5) pembalap kelahiran Terni, Italia itu mencuri perhatian dengan menguasai podium kedua. Kini dia telah mengumpulkan 63 poin untuk berada di posisi tujuh klasemen pembalap.

Mantan pembalap Moto2 Francesco Bagnaia akan menggantikan posisi Petrucci di Pramac. (irr)