oleh

Lanal Dumai Selamatkan 7 Warga Rohingya

Dumaiposnews.com, DUMAI – Tim Western Fleet Quick Respon (WFQR) 71.6 Lanal Dumai kembali mengamankan 7 orang Warga Negara Asing (WNA) Myanmar/Rohingya diduga yang akan diberangkatkan ke Malaysia, Rabu(6/6) di Hutan Bakau sekitaran Pantai Purnama Dumai.

Mereka imigran illegal WNA Myanmar yang merupakan warga Rohingya tersebut masing-masing berinisial AB(42), HK(37), YA(30), FA(13), SH(12), AS(10) dan AH(10) yang dibawa dari Kota Medan ke Kota Dumai.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (E) Yose Aldino mengatakan, penangakapan terhadap illegal WNA Myanmar ini berdasarkan infor­masi bahwa ada sejumlah WNA yang masuk ke Kota Dumai menggunakan kendaraan roda empat.

“Berdasarkan informasi itu petugas kita langsung melakukan penyi­siran di sekitaran Pantai Purnama, setelah melakukan penyisiran  ditemukan satu unit speed boat yang diletak di bakau-bakau dengan beberapa kumpulan orang,” ujar Kolonel Laut (E) Yose Aldino dalam press realese di Pos Pengamanan Perbatasan TNI AL, Rabu (6/6).

Bergerak cepat Yose menjelaskan, mereka langsung diamankan beser­ta barang bukti speed boat mesin 55 PK. Berdasarkan keterangan dari hasil pemeriksaan WNA tersebut, mereka mengaku hendak ke Malaysia.

Bahkan kata Yose, mereka mengaku dibantu oleh seseorang berini­sial HS di Medan menggunakan kendaraan roda empat menuju Kota Dumai.

Setibanya di Kota Dumai mereka diserahkan ke YS yang masih dilakukan pencarian oleh pihak Lanal Dumai.

“Ketujuh WNA ini akan kita serahkan kepada pihak Imigrasi Dumai untuk tindak lebih lanjut secara keimigrasian,” tukasnya.(ras)

Berita Terbaru