Pedagang Jangan Gunakan Borak, Masyarakat Harus Jeli dan Selektif Beli Takjil

Dumaiposnews.com, DUMAI – Masyarakat Kota Dumai kembali diingatkan agat cermat dan teliti membeli menu makanan untuk berbuka puasa dipasar Ramadhan atau tempat-tempat lain yang menjual makanan berbuka puasa.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Faisal kita tidak tahu apakah makanan dan minuman yang dijual aman bagi kesehatan, untuk itu butuh kecermatan dan ketelitian dalam membeli makanan berbuka puasa, hindari makanan yang mengandung Boraks, Formalin, Pemanis Buatan dan Zat pewarna untuk menjaga kesehatan.

Kongkowkuy

“Masyarakat harus selektif dalam memilih menu berbuka puasa yang dijual bebas disejumlah pasar-pasar Ramadhan di Kota Dumai. Selain itu, warga juga diminta untuk tidak mudah tergiur dengan harga makanan yang dijual dengan harga murah, atau tergiur dengan corak warna yang mencolok, karna dikawatirkan makanan tersebut menggunakan zat pewarna yang berbahaya,” pesannya.

Selain itu, masyarakat harus jeli dalam melihat kondisi fisik makanan yang dijajakan dipasar Ramadhan, seperti memperhatikan kebersihan lingkungan tempat penjualan, jangan sampai karena salah membeli, akan berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Disamping itu sesuai himbauan dari Walikota para pedagang yang menyajikan makanan dan minuman berbuka puasa untuk tidak mencampur makanan tersebut dengan zat-zat berbahaya seperti boraks, formalin dan zat pewarna.

“Kepada pedagang dihimbau dan diminta untuk jangan nodai nilai ibadah di Bulan Suci Ramadhan dengan menjajakan makanan yang tercampur dengan zat-zat berbahaya seperti boraks, formalin dan zat pewarna. Jual dan jajakanlah jajanan yang halal, bersih, dan terjaga kualitasnya,” tutupnya.(dev)