Belanda Akhiri Kutukan 21 Tahun, Kalahkan Portugal 3-0

JENEWA (DUMAIPOSNEWS.COM) – Setelah 21 tahun menunggu, Belanda akhirnya menang atas Portugal dalam uji coba di Stade de Geneve, Swiss, Selasa (27/3) dini hari WIB.

Tak tanggung-tanggung, tim oranye yang kini dilatih Ronald Koeman mencukur Portugal 3-0. Tiga gol Belanda semua lahir di babak pertama lewat Memphis Depay pada menit 11, Ryan Babel menit 32, dan bek Liverpool, Virgil van Dijk pada menit 45.

Kongkowkuy

Sebelum ini, kemenangan terakhir dan satu-satunya De Oranje atas Selecao das Quinas – julukan Timnas Portugal, terjadi pada 16 Oktober 1991 silam. Kala itu dalam Kualifikasi Euro 1992, Belanda yang diasuh Rinus Michels, menang dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan dicetak oleh Richard Witschge menit 22.

Namun, setelah itu, dalam 10 laga beruntun bertemu Portugal di semua ajang, Belanda tak pernah menang. Mereka menelan tujuh kekalahan dan hanya tiga kali menahan imbang. Ironisnya, di kompetisi resmi, Belanda selalu kalah. Di Euro 2004 Belanda kalah 1-2 dari Portugal di babak semifinal. Kemudian di fase grup Euro 2012, Belanda kalah 1-2 dari Portugal.

Saat berjumpa di Piala Dunia, Belanda juga tak bisa terhindar dari kekalahan saat bertemu Portugal. Itu terjadi pada 16 Besar Piala Dunia 2006 di Jerman. Kala itu, Belanda kalah 0-1 dari Portugal.

Toh, rekor buruk itu akhirnya berhasil dipatahkan. Belanda yang tak lolos ke Piala Dunia 2018, menang meyakinkan dengan skor 3-0 atas Portugal, salah satu kontestan Piala Dunia 2018. Kemenangan tersebut disambut gembira oleh Koeman karena menjadi yang pertama sebagai pelatih Belanda. Pada debutnya saat melawan Inggris, Sabtu (24/3) dini hari WIB, Belanda kalah 0-1.

Bagi Portugal, kekalahan tersebut jelas menyesakkan jelang bergulirnya Piala Dunia 2018. Sebelumnya, mereka memang meraih kemenangan 2-1 atas Mesir. Namun, dua gol Portugal lewat sundulan Cristiano Ronaldo baru lahir pada masa injury time babak kedua. Jelas ada persoalan serius terkait daya dobrak Selecao das Quinas.

Dalam laga melawan Belanda, pelatih Fernando Santos menurunkan pemain-pemain pilar seperti Ronaldo, Ricardo Quaresma, Andre Gomes, dan Jose Fonte. Kemudian Joao Mario, Joao Moutinho, Andre Silva, dan Goncalo Guedes yang dimainkan sebagai pengganti.
Setelah tertinggal 0-3 di babak pertama, sebenarnya Portugal sangat dominan dalam penguasaan bola di babak kedua. Namun, kartu kuning kedua yang diterima Joao Cancelo pada menit 61 membuat upaya Portugal mencetak gol menjadi sulit.

Fernando Santos memiliki pekerjaan rumah guna membenahi agresivitas dan naluri membunuh pasukannya sebelum kick-off Piala Dunia 2018 pada Juni mendatang. Kekalahan dari Belanda justru datang pada saat yang tepat karena masih ada waktu untuk berbenah. Portugal seolah diingatkan bahwa masih memiliki kekurangan. (epr/jpc/jpnn)

Portugal 0-3 Belanda
(Memphis Depay 11, Ryan Babel 32, Virgil van Dijk 45)
SUSUNAN PEMAIN
Portugal: Anthony Lopes, Mario Rui, Jose Fonte, Rolando (Neto 46′), Andre Gomes (Andre Silva 46′), Manuel Fernandes, Bruno Fernandes (Joao Mario 79′), Joao Cancelo, Adrien Silva (Goncalo Guedes 47′), Ricardo Quaresma (Gelson Martins 55′), Cristiano Ronaldo (Joao Moutinho 68′)
Pelatih: Fernando Santos

Belanda: Jasper Cillessen, Kenny Tete (Guus Til 78′), Matthijs de Ligt (Fosu-Mensah 84′), Nathan Ake, Virgil van Dijk, Georginio Wijnaldum (Marten de Roon 68′), Tonny Vilhena (Stefan de Vrij 67′), Davy Propper, Donny van de Beek, Memphis Depay (Justin Kluivert 78′), Ryan Babel (Steven Berghuis 84′)
Pelatih: Ronald Koeman